Karakteristik Pasar

Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna
Terdapat banyak penjual dan pembeli: Kondisi ini menyebabkan pembeli maupun penjual tidak dapat mempengaruhi harga. Penentuan harga didasarkan pada kekuatan permintaan dan penawaran atau mekanisme pasar. Jadi, penjual dalam pasar persaingan sempurna merupakan penerima harga atau price taker.
Barang yang diperjualbelikan sifatnya homogen: Barang yang diperjualbelikan di pasar ini merupakan barang substitusi untuk barang dari produsen lain. Sifat ini menunjukkan bahwa tidak ada ketergantungan terhadap satu penjual saja sehingga pembeli bebas memilih untuk membeli di penjual mana pun.
Adanya kebebasan dari produsen untuk membuka atau menutup usaha: Pada prinsipnya, suatu usaha dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh laba. Jika laba yang diperoleh banyak, produsen akan terus mengembangkan usahanya. Namun, jika kegiatan usahanya mengalami kerugian, produsen kemungkinan akan berpindah ke jenis usaha lain.
Adanya kemudahan dari pelaku pasar untuk memperoleh informasi mengenai pasar: Pembeli dan penjual mempunyai pengetahuan yang luas tentang pasar baik harga, kualitas, dan kuantitas barang. Kondisi ini menyebabkan terjadinya titik keseimbangan atas harga barang yang diperjualbelikan di pasar.
Tidak adanya hambatan buatan terhadap pergerakan harga (tidak ada campur tangan pemerintah): Hal ini terjadi karena pergerakan harga ditentukan oleh kekuatan pasar, yaitu interaksi antara permintaan dan penawaran. Contoh hambatan buatan adalah kebijakan pemerintah dan pengaruh perusahaan tertentu.

Karakteristik Pasar Monopoli
Produsen: hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
Konsumen: Para pembeli tidak mempunyai pilihan lain, kalau mereka menginginkan barang tersebut maka mereka harus membeli dari perusahaan monopoli tersebut. Syarat-syarat penjualan sepenuhnya ditentukan oleh perusahaan monopoli itu, dan konsumen tidak dapat berbuat suatu apapun didalam menentukan syarat jual beli.
Produk: Barang yang dihasilkan perusahaan monopoli tidak dapat digantikann oleh barag lain yang ada didalam pasar. Barang-barang tersebut merupakan satu-satunya jenis barang yang seperti itu dan tidak terdapat barang mirip yang dapat menggantikan.
Iklan: Promosi iklan kurang diperlukan. Oleh karena perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahaan didalam industri, ia tidak perlu mempromosikan barangnya dengan menggunakan iklan. Walau ada yang menggunakan iklan, iklan tersebut bukanlah bertujuan untuk menarik pembeli, melainkan untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.
Hambatan masuk pasar: Hambatan itu sendiri, secara langsung maupun tidak langsung, diciptakan oleh perusahaan yang mempunyai kemampuan untuk memonopoli pasar. Perusahaan monopolis akan berusaha menyulitkan pendatang baru yang ingin masuk ke pasar tersebut dengan beberapa cara; salah satu di antaranya adalah dengan cara menetapkan harga serendah mungkin. Dengan menetapkan harga ke tingkat yang paling rendah, perusahaan monopoli menekan kehadiran perusahaan baru yang memiliki modal kecil. Perusahaan baru tersebut tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan monopolis yang memiliki kekuatan pasar, image produk, dan harga murah, sehingga lama kelamaan perusahaan tersebut akan mati dengan sendirinya. Cara lainnya adalah dengan menetapkan hak paten atau hak cipta dan hak eksklusif pada suatu barang, yang biasanya diperoleh melalui peraturan pemerintah. Tanpa kepemilikan hak paten, perusahaan lain tidak berhak menciptakan produk sejenis sehingga menjadikan perusahaan monopolis sebagai satu-satunya produsen di pasar.
Price: Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga. Oleh karena perusahaan monopoli merupakan satu-satunya penjual di dalam pasar, maka ia mempunyai kekuasaan penuh dalam menentukan harga barang yang dijualnya dipasar. Oleh sebab itu perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga atau price setter. Dengan mengadakan pengendalian terhadap produksi dan jumlah barang ditawarkan perusahaan monopoli dapat menentukan harga pada tingkat yang dikehendakinya. Seringkali harga dibuat serendah mungkin agar perusahaan lain tidak dapat masuk.Contoh produk: microsoft windows, perusahaan listrik negara (PLN).


Kesimpulan
Berdasarkan hasil pembahasan di atas, dapat disimpulkan beberapa kesimpulan sebagai berikut,
1. Pasar adalah salah satu tempat sarana dan prasarana di mana adanya tarnsaksi jaul beli di antara Produsen dan Konsumen atau penjual dan pembeli, sehingga dapat kita golongkan Pasar itu sangat di perlukan did lam kehidupan kita sehar – hari.

2. Karakterisktik:
• Pasar Persaingan Sempurna: Terdapat banyak penjual dan pembeli, Barang yang diperjualbelikan sifatnya homogeny, Adanya kebebasan dari produsen untuk membuka atau menutup usaha, Adanya kemudahan dari pelaku pasar untuk memperoleh informasi mengenai pasar, Tidak adanya hambatan buatan terhadap pergerakan harga (tidak ada campur tangan pemerintah)
• Pasar Monopoli: Produsen, Konsumen, Produk, Iklan, Hambatan, masuk pasar, Price.

3. Di dalam kehidupan Pasar pun terdapat pengaruhnya, di antarnya ialah :
Kebijakan fiskal dan pengaruhnya terhadap perekonomian, dan yang terakhir Kebijakan Monoter dan pengaruhnya terhadap Perekonomian.