Siklus akuntansi

Siklus akuntansi, juga biasa disebut sebagai proses akuntansi, adalah serangkaian prosedur dalam pengumpulan, pengolahan, dan komunikasi informasi keuangan.
Sebagaimana didefinisikan dalam pelajaran sebelumnya, akuntansi melibatkan merekam, mengklasifikasi, meringkas, dan menafsirkan informasi keuangan. Informasi keuangan disajikan dalam laporan yang disebut laporan keuangan.


Langkah Siklus Akuntansi
1. Identflying and Analyzing Transactions and events
Tidak semua transaksi dan kejadian dimasukkan ke dalam sistem akuntansi. Hanya mereka yang berkaitan dengan badan usaha termasuk dalam proses.
Sebagai contoh, pinjaman yang dibuat oleh pemilik dalam nama-Nya yang tidak ada hubungannya dengan entitas tidak diperhitungkan . 

2. Recording in the Journalis
Sebuah jurnal adalah buku - kertas atau elektronik - dimana transaksi dicatat. Transaksi bisnis dicatat dengan menggunakan sistem pembukuan double-entry. Mereka dicatat dalam jurnal yang mengandung setidaknya dua account (satu didebit dan dikredit satu).

3 Posting to the ledger
Juga dikenal sebagai Buku Kedatangan Akhir, buku besar adalah kumpulan akun yang menunjukkan perubahan yang dibuat untuk setiap account sebagai hasil dari transaksi masa lalu, dan saldo mereka saat ini. Ini adalah inti dari fase pengklasifikasian. Setelah proses posting, saldo masing-masing rekening sekarang dapat ditentukan. 

4. Unadjusted trial Balance
Neraca saldo disiapkan untuk menguji kesetaraan debit dan kredit. Semua saldo rekening yang diambil dari buku besar dan diatur dalam satu laporan. Setelah itu, semua saldo debit ditambahkan. Seluruh saldo kredit juga ditambahkan. Jumlah debit harus sama dengan total kredit. 

5. Adjusting Entries
Jurnal penyesuaian disusun sebagai penerapan akuntansi berbasis akrual. Pada akhir periode akuntansi, beberapa biaya mungkin telah terjadi tetapi belum dicatat dalam jurnal. Beberapa pendapatan mungkin telah diterima namun belum masuk dalam buku-buku. 

6. Adjusted Trial Balance
Neraca saldo disesuaikan dapat dibuat setelah jurnal penyesuaian dibuat dan sebelum laporan keuangan disusun. Hal ini untuk menguji apakah debit sama dengan kredit setelah jurnal penyesuaian dibuat. 

7. Financial Statements
Ketika account sudah up-to-date dan kesetaraan antara debit dan kredit telah diuji, laporan keuangan sekarang dapat disiapkan. Laporan keuangan adalah produk akhir dari sistem akuntansi. 

8. Closing Entries
Rekening sementara atau nominal, akun yaitu laporan laba rugi, ditutup untuk mempersiapkan sistem untuk periode akuntansi berikutnya. Akun sementara meliputi pendapatan, beban, dan rekening penarikan. Barang-barang ini diukur secara berkala .

9. Post-Closing Trial balance
Dalam siklus akuntansi, langkah terakhir adalah untuk mempersiapkan neraca saldo sesudah penutupan. Hal ini siap untuk menguji kesetaraan debit dan kredit setelah ayat jurnal penutup dibuat. Karena akun sementara sudah ditutup pada saat ini, neraca saldo sesudah penutupan berisi akun riil saja.


Macam-macam jurnal :
1. Jurnal umum
Jurnal umum adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi dalam perusahaan secara terperinci

2. Jurnal khusus
Jurnal khusus adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi khusus dalam perusahaan yang berhubungan dengan penjualan dan pembelian.
Jurnal khusus terdiri dari :
 a. Jurnal Penjualan ( Sales Journal)
Jurnal Penjualan adalah jurnal yang digunakan apabila kita melakukan penjualan barang secara kredit kepada Customer .

b. Jurnal Pembelian ( purchases Journal)
Jurnal Pembelian adalah jurnal yang digunakan apabila kita melakukan pembelian barang secara kredit kepada supplier.

c. Jurnal Pengeluaran Kas (Cash Payment Journal)
Jurnal Pengeluaran kas adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap
pengeluaran kas dalam suatu perusahaan .

d. Jurnal Penerimaan Kas (Cash Receipt Journal)
Jurnal Penerimaan kas adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap penerimaan kas dalam suatu perusahaan

e. Jurnal Umum (Memorial Journal)
Memorial Journal adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi diluar empat jurnaldiatas.

f. Jurnal Pembalik ( Reversing Entries)
Jurnal balik adalah jurnal yang dibuat pada awal periode sebagai kebalikan dari sebagian jurnal penyesuaian pada akhir periode sebelumnya. Jurnal ini bersifat opsional namun jika dilakukan memberikan manfaat.

g. Jurnal Penutup (Closing Entries)
Jurnal Penutup adalah ayat jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi untuk menutup rekening-rekening nominal/sementara.