Organisasi-Organisasi Internasional


Dalam Perdagangan Internasional Ada Dua Macam Hambatan, Yaitu :
1. Tariff Bariers ( Tb ) Dlm Pungutan Bea Masuk
2. Non Tariff Bariers ( Ntb )

Tujuannya Dan Fungsi Tarif Bea Masuk
A. Tujuan :
1. Pengenaan Tarif Bea Masuk Yang Tinggi Untuk Membatasi Impor Barang Tertentu
2. Pengenaan Tarif Bea Masuk Untuk Meningkatkan Penerimaan Negara.
B. Fungsi :
a) Fungsi Mengatur ( Regulerend ) Yaitu Utk Melindungi Kepentingan Ekonomi / Industri Dalam Negeri.
b) Fungsi Budgeter, Yaitu Sebagai Salah Satu Sumber Penerimaan Negara
c) Fungsi Demokrasi, Yaltu Penetapan Besarnya Bea Masuk Harus Melalui Persetujuan Dewan
d) Fungsi Pemerataan, Yaitu Untuk Pemerataan Pendapatan Nasional.

 Organisasi Dan Kerjasama Perdagangan Internasional
 Organisasi Multilateral Internasional
- Omi ( Organisasi Multilateral Internasional ) Adalah Organisasi Kerjasama Internasional Yang Beranggotakan Hampir Seluruh Negara Di Dunia
Contoh :
Gatt – Wto
Unctad
Wco / Wcc

- Gatt ( General Agreement On Trade And Tarif ) Adalah Organisasi Internasioal Yang Mengatur Tentang Persetujuan Umum Tarif Dan Perdagangan, Yang Didirikan Tahun 1948 Di Havana Yang Tujuannya Untuk Meningkatkan Arus Perdagangan Internasional.

- Wto ( World Trade 0rganization ) Adalah Organisasi Perdagangan Dunia , Yang Bertujuan Untuk Meningkatkan Kerjasama Perdagangan Dunia Diantara Sesama Negara-Negara Anggota.

- Wco ( World Customs Organization ) , Adalah Organisasi Bea Dan Cukai Sedunia, Yang Didirikan Di Brusel Tahun 1950.

- Tujuannya Adalah Memperbaiki Atau Mengharmoniskan Cara Kerja Bea Dan Cukai Sedunia Sehingga Dapat Memperlancar Arus Lalulintas Perdagangan Dan Penumpang Serta Investasi Internasional.

Organisasi Multilateral Regional
Organisasi Multilateral Regional Adalah Organisasi Kerjasama Ekonomi Dan Perdagangan Yang Anggotanya Terdiri Dari Beberapa Negara Di Kawasan/Tertentu. Contohnya : Afta, Apec, Efta, Nafta, Lafta, Cacm, Dan Eec Afta ( Asean Free Trade Area ), Yang Anggotanya Terdiri Dari Atas Negara-Negara Asean Yaitu Brunai Darusalam, Fisipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Mianmar, Singapura, Thailand Dan Vietnam Didirikan Tahun 1967di Bangkok. Tujuannya , Untuk Meningkatkan Kerjasama Ekonomi, Perdagangan Dan Sosial Budaya Antar Negara-Negara Asia Tenggara.

- Apec ( Asian Pacifik Economic Coorperation ), Adalah Organisasi Kerjasama Ekonomi Regional Kawasan Asian Pacifik, Yang Beranggotakan 21 Negara Yang Didirikan Tahun 1989.
Tujuannya Adalah Melakukan Liberalisasi Perdagangan Dan Investasi Serta Peningkatan Pemanfaatan Sda Dan Kualitas Sdm Untuk Meningkatkan Pembangunan Dan Pertumbuhan Ekonomi Di Kawasan Asia Pasifik.

-Nafta ( North American Free Trade Area) Adalah Bentuk Kerjasama Ekonomi Dan Perdagangan Sesama Negara – Negara Di Kawasan Regional Amerika.
Tujuannya Adalah Untuk Meningkatkan Kerjasama Ekonomi Dan Perdagangan Dikawasan Regional Amerika.

-Lafta ( Latin American Free Trade Area ) Adalah Bentuk Kerjasama Ekonomi Dan Perdagangan Sesama Negara – Negara Kawasan Regional Amerika Latin.
Tujuannya Adalah Untuk Meningkatkan Kerjasama Ekonomi Dan Perdagangan Dikawasan Regional Amerika Latin.

-Eec ( European Economic Community ) Atau Masyarakat Ekonomi Eropa ( Mee ) Yang Dibentuk Tahun 1957 Dengan Beranggotakan 25 Negara, Yaitu : Austria, Belgia, Perancis, Jerman, Italia, Luksemburg, Belanda, Hongaria, Latvia, Estomia, Ciprus, Czach Republik, Finlandia, Denmark, Yunani, Irlandia, Pertugal, Spanyol, Swedia, United Kindom, Lituania, Polandia, Slowakia, Slevenia Dan Malta.

-Cacm ( Central American Common Market ), Adalah Suatu Bentuk Kerjasama Ekonomi Regional Yang Memiliki Kebebasan Bergerak Untuk Faktor Produksi Khususnya Tenaga Kerja ( Sdm ) Dari Negara-Negara Anggota Ke Negara-Negara Anggota.

Kerjasama Sektoral Internasional
Kerjasama Sektoral Adalah Kerjasama Yang Menyangkut Sektor Atau Bidang Tertentu. Kerjasama Sektoral Ini Banyak Dilakukan Oleh Nsb ( Negara – Negara Yang Sedang Berkembang ) Dalam Bentuk Ica ( Internasioal Comodity Agreement )
Tujuannya Adalah Untuk Meningkatkan Harga Ekspor Dan Pendapatannya.
Kerjasama Sektoral Ini Ada 3 ( Tiga ) Tipe Ica, Yaitu :

1. Buffer Stock, Yaitu Tipe Ica Yang Bertujuan Untuk Membeli Komoditi Untuk Menambah Stock Sewaktu-Waktu Harganya Jatuh Dibawah Harga Minimum Yang Disepakati.
Contoh :
a. International Cacao Agreement
b. International Rubber Agreement

2. Export Control, Yaitu Tipe Ica Yang Bertujuan Mengatur Jumlah Komoditi Yang Boleh Diekspor Oleh Masing-Masing Negara Anggota Agar Stabilitas Harga Komoditi Ybs, Tetap Terjaga.
Contoh :
a. International Coffee Agreement
b. International Sugar Agreement
c. Opec ( Organization Petrolium Exporting Contries )

3. Purchase Contracts,Yaitu
Merupakan Persetujuan Multilateral Dalam Jangka Panjang Antara Negara Produsen Dan Konsumen Dengan Suatu Ketentuan.
Ketentuannya Adalah Negara – Negara Konsumen Atau Importir Setuju Atau Bersedia Untuk Membeli Sejumlah Komoditi Tertentu Dengan Harga Minimum Yang Telah Ditetapkan. Sebaliknya Negara Produsen Atau Eksportir Setuju Atau Bersedia Untuk Menjual Sejumlah Komoditi Tertentu Dengan Harga Maaksimum Yang Telah Ditetapkan.

Efta ( European Free Trade Area ) Adalah Bentuk Kerjasama Ekonomi Dan Perdagangan Regional Di Kawasan Negara-Negara Eropa.
Tujuannya Adalah Untuk Meningkatkan Kerjasama Ekonomi Dan Perdagangan Diantara Negara – Negara Kawasan Regional Eropa.

Selain Bentuk Kerjasama Bilateral, Regional Dan Multilateral Diatas, Terdapat Pula Bentuk – Bentuk Kerjasama Internasional Yang Melibatkan Indonesia Dengan Negara – Negara Lainnya Di Dunia, Baik Secara Bilateral Maupun Multilateral, Diantaranya :

1. Asean Free Trade Area ( Afta ), Yaitu Kerja Sama Perdagangan Antara Negara – Negara Anggota Asean. Kerjasama Afta Ini Melibatkan Negara – Negara Asean Yaitu Brunai Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Mianmar, Philipina, Vietnam, Singapura Dan Thailand.
2. Indonesia Japan Economic Partnership Agreement ( I J - Epa ), Yaitu Kerjasama Dibidang Ekonomi Antara Pemerintah Indonesia Dengan Japan Yang Disepakati Tahun 2007.
3. Asean - Cina Free Trade Area ( Acfta ),Yaitu Kerjasama Dibidang Ekonomi Dan Pendi
Rian Suatu Kawasan Perdagangan Bebas Antara Asean - Cina Yang Disepakati Tahun 2002 Di Phnom Penh Kamboja.
4. Asean - Korea Free Trade Area ( Akfta ) Yaitu Kerjasama Ekonomi Dan Pendirian Suatu Kawasan Perdagangan Bebas Antara Asean - Korea. Yang Dibentuk Tahun 2005 Di Kualalumpur Malaysia.
5. Asean - India Free Trade Area ( Aifta ),
Yaitu Kerjasama Ekonomi Dan Pendirian Suatu Kawasan Perdagangan Bebas Antar Asean - India Yang Dibentuk Tahun 2009 Di Bangkok Thailand.
6. Asean - Australia - New Zealand ( Aanzfta ) Yaitu Kerjasama Ekonomi Dan Pendirian Suatu Kawasan Perdagangan Bebas Antara Asean - Australia Dan New Zealand.